05 November 2011

Speedy Mati/Putus-putus di Musim Hujan

Coba berbagi pengalaman saya sendiri. Sering kalau masuk musim hujan,
Speedy di rumah jadi putus nyambung. Kadang harus dipancing dengan
angkat telepon baru modemnya bisa nyambung lagi. Jika Anda juga
mengalami hal yang sama, mari kita selidiki bersama.

Kalau suka putus sambung coba cek Statistik ADSL-nya. Caranya dengan
login ke modem Anda. Biasa bisa dibuka di browser dengan mengetik
192.168.1.1
Kalau password modem masih standar biasanya :
username : admin
password : admin / password

Cek statistik ADSL
berapa SNR (sinyal : noise Ratio) = makin besar makin baik
berapa Line Attenuation (gangguan kabel) = makin besar makin jelek
lalu apakah sering ada super frame error? Seharusnya angkanya minimal
atau 0.

Kalau SNR dan LA jelek, mungkin rumah Anda terlalu jauh dari STO Speedy
(lebih dari radius 5 KM), jadi sinyal Speedy melemah. Artinya memang
harus terima nasib bahwa sambungan Speedy Anda akan jelek. Atau memang
ada gangguan pada kabel telepon yang sampai ke rumah.

Analisis pertama
Bisa jadi masalah splitter.
Coba di bypass, dari kabel telkom langsung masuk modem. Kalau modem bisa
tersambung berarti splitter rusak. Solusinya ganti splitter, beli di
toko elektronik atau toko komputer.

Kalau bypass masih error, coba tes, apakah ada suara kemresek dari line
telepon.
Angkat telpon, pencet angka 0, harusnya suara jernih.

Kalau ada kemresek/kemrosok, mungkin ada gangguan. Biasanya gara-gara
sambungan kabel dari tiang telkom ke rumah (splitter). Kalau terlalu
banyak sambungan, di musim hujan akan sering error. Misalnya waktu hujan
sering DC/putus sendiri, harus dipancing pakai angkat telepon baru bisa
tersambung lagi Speedynya.

Kalau hal ini yang terjadi maka, hubungi 147. Lalu sambungkan ke bagian
Telephony ( bukan internet/speedy). Buatlah laporan suara kemrosok /
kemresek yang mempengaruhi koneksi speedy.

Saat teknisi datang ke rumah, minta tolong cek sambungan-sambungan kabel
telepon.
Mungkin hanya di-revisi (potong sambungan lama yang berkarat lalu
sambung lagi) sudah lancar. Tapi kalau sambungan terlalu banyak, lebih
baik minta ganti kabelnya. Pengalaman di tempat saya sambungannya sampai
3tempat, maka dari itu minta ganti semua kabelnya supaya lancar.

Penggantian kabel telepon tembaga dari tiang Telkom ke rumah tidak
dipungut biaya alias gratis, karena itu memang tanggungan Telkom bukan
tanggungan pelanggan.

--
-------------------
www.gloriacards.net
inspiring others

4 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih byk infonya...noise margin sy 34 sedangkan line at. nya 18..itu termasuk parah atau sedang ya???makasih

Samsul mengatakan...

Sampai sekarang tuh layanan speedy memang sering bermasalah. Tapi ya lebih baik klau dari segi stabilitas dibandingkan dengan koneksi menggunakan modem. Saya juga pake speedy untuk trading forex online. Saya membutuhkan koneksi yang stabil supaya chart di metatrader 4 OctaFx saya normal.

JAYENG'S BLOG mengatakan...

terima kasih info bermanfaat...Min. Saya dah komplain...suar kemresek di Telpon, didatangi teknisi cuma bilang...kerusakan dalam rumah tanggung jawab pelanggan, tanpa solusi. sy ke 147...team reaksi cepat bertindak..teknisi telpon...kerusakan di dalam rumah tanggung jawab pelanggan...!tanpa ada solusi. kenapa teknisi cm bilang gitu...pdhal sy OK...kl memang ada biaya tambahan....!! Saya hrus komplain kemana ?tksh

Unknown mengatakan...

Layanan internet yang kurang memuaskan sangat mempengaruhi proses trading saya di hiwayfx, sangat mengganggu proses eksekusi order yang ingin saya lakukan...