17 Maret 2008

Warren Buffet - Orang Terkaya di Dunia Hidup Sederhana

Tahun 2008 oleh Forbes, Warren Buffet dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih 62 Milyar Dollar AS. Buffet menggeser dominasi Bill Gates selama ini. Uniknya gelar ini diraih Buffet justru di saat situasi perekonomian dunia sedang gonjang-ganjing.

Buffet yang dikenal sebagai Oracle of Omaha memperoleh kekayaannya lewat investasi saham. Menurut prakata di buku The Warren Buffet Way, dia adalah satu-satunya investor yang bertengger secara konsisten di jajaran 10 besar orang terkaya di dunia. Biasanya nama-nama itu didominasi oleh tokoh-tokoh dotcom seiring dengan maraknya penggunaan internet di seluruh dunia. Beberapa yang lain memperoleh kekayaan tersebut dari warisan. Buffet tampil beda, dia berinvestasi. Lebih lagi , Buffet tidak pernah berinvestasi pada perusahaan dotcom. Dia yakin bahwa naiknya saham teknologi NASDAQ tersebut akan pecah pada suatu waktu nanti. Dan ini terbukti pada tahun 2001, saham NASDAQ berguguran. Meskipun demikian, ia tidak sepenuhnya benar. Saham Google tetap bagus sampai saat ini.

Dia menyelesaikan S-1 nya di Universitas Nebraska, Lincoln sambil bekerja secara PENUH WAKTU. Gelar sarjana diperolehnya hanya dalam waktu 3 tahun. Buffet menyandang gelar S-2 di bidang Ekonomi dari Universitas Columbia setelah sebelumnya mendaftarkan diri di Harvard Business University dan ditolak karena dianggap terlalu muda. Di Universitas Columbia inilah dia bertemu dengan mentor dalam berinvestasi yang juga legendaris yaitu Benjamin Graham yang kemudian menginspirasi Buffet untuk menempuh jalan serupa yaitu value-investing yakni teknik membeli saham-saham dari perusahaan yang memiliki dasar fundamental bagus tetapi harga sahamnya murah.

International Herald Tribune pada hari Senin, 26 Juni 2006 memuat berita bahwa Buffet menyumbangkan 30 Milyar dollar
AS kepada Bill and Melinda Gates Foundation. Sumbangan ini berupa 10 juta lembar
saham dari perusahaannya Berkshire Hathaway (baca di sini http://www.iht.com/articles/2006/06/26/news/gates.php). Ini merupakan sumbangan terbesar dalam sejarah. Sumbangan ini tidak langsung diberikan tetapi dipecah-pecah menjadi 5% setiap tahunnya untuk jangka waktu 20 tahun mendatang. Saat mengumumkan hal ini, kekayaan Berkshire Foundation mencapai angka 30 Milyar Dollar AS. (http://www.forbes.com/2008/03/05/philanthrophy-gates-buffett-pf-philanthrophy-billionaires08-cx_pm_0304givingitaway.html)

Harga saham Berkshire Hathaway seri A tercatat sebesar 130.230,00 USD per lembar pada penutupan bursa New York tertanggal 20 Maret 2008 (sumber: http://finance.google.com/finance?q=NYSE:BRK.A). Karena memang sejak awal Buffet tidak pernah melakukan pemecahan saham (stock split).


Berikut 9 aspek kehidupannya yang Menarik
Posting serupa telah di-copy paste (penyakit jaman ini) oleh banyak sekali blog tercatat sejak Desember 2006. Namun ketika saya cek blog-blog tersebut ternyata tidak ditemukan sumber yang valid. Bahkan situs CNBC pun tidak memuatnya (CNBC -dikutip sebagai pewawancara Warren Buffet ketika memberikan nasihat kepada pengusaha muda di bawah ini). Meskipun kelihatan "too good too be true", sungguh menarik jika Warren Buffet ternyata benar-benar menjalani hidup sederhana seperti ini.
  1. Memulai investasi sahamnya pada usia 11 tahun, dan ia sangat menyesal memulai investasi saham di usia yang terlambat
  2. Membeli sebuah lahan pertanian kecil pada usia 14 tahun dari hasil tabungannya menjadi loper koran
  3. Tetap hidup sederhana dengan gaya hidup yang tidak berubah, memiliki rumah dengan 3 kamar tidur kecil di kota kecil Omaha, yang ia beli setelah ia menikah 50 tahun yang lalu. Rumahnya tidak memiliki pagar.
  4. Mengendarai mobilnya sendiri tanpa seorang sopir ataupun bodyguard di dekatnya.
  5. Tidak pernah bepergian menggunakan jet pribadi, walaupun ia memiliki perusahaan jet pribadi terbesar di dunia
  6. Perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki 63 perusahaan. Ia memberikan 2 buah peraturan:
    Peraturan nomor satu : Jangan pernah membuat rugi para pemilik saham
    Peraturan nomor dua : Jangan pernah lupa Aturan nomor 1
  7. Tidak pernah bersosialisasi di klub-klub orang kaya. Waktu luangnya setelah ia tiba di rumah ia gunakan untuk membuat popcorn, dan menonton TV
  8. Bill Gates, mantan orang terkaya di dunia, tidak pernah berminat untuk menemui Buffet karena tidak melihat adanya kesamaan yang mereka miliki, namun 5 tahun yang lalu Bill mencoba membuat agenda untuk bertemu dengan Buffet hanya selama 30 menit. Namun meeting tersebut justru berlangsung selama 10 jam, Bill berbincang-bincang lama sekali dengan Buffet.
  9. Tidak pernah membawa handphone, maupun PC/laptop di mejanya.

1 komentar:

mia mengatakan...

warren buffet memang orang yg bersahaja, terima kasih artikelnya...
sebelumnya saya cuma baca di buku aja.
http://kafebuku.com/warren-buffett-investor-paling-sukses-di-dunia/